Cara Mengubah Hostname, Username, User account Ubuntu

0


Kalau keburu-buru install ubuntu, slalu aja asal-asalan isi data'nya tanpa pikir panjang. Kadang menyesal kalau inget, karena dulu aku isi hostname pakai nama singkatan aku dan dia -____-
Jangan pernah isi data penting , dengan nama pacar. Ingat!
Pada inti beginilah cara mengganti nama komputer (hostname), nickname (user account) dan username.
**********
Hostname
*masuk ke akun anda yang biasanya anda pakai
*buka terminal di Application Accesories Terminal. Atau, tekan Ctrl+T
*masuk sebagai root/super user. Ketikkan sudo bash atau su jika sudah sett password'nya (baca ini untuk sett password super user)
*untuk mengetahui hostname anda, lihat aja di terminal. Kalau di posisi anda, tulisannyaroot@hostname_anda:/home/user#
*untuk sett nama hostname, ketikkan gedit /etc/hostname
*ganti nama hostname'nya dengan hostname baru. Lalu save!
*saya sarankan untuk mengcopy hostname baru tadi, untuk di paste nantinya
*jika anda masuk root (lagi) akan ada peringatan”sudo : unable to resolve host”.
Karna itu, masuk root lalu ketikkan gedit /etc/hosts. Hapus hostname lama tadi, pastekan hostname 'mu yang baru (yang aku suruh copy tadi)

*********
User Account

*syarat pertama yang wajib dipatuhi adalah men'set password super user dan login atasnama Root. Baca INI
*buka terminal, masukkan perintah dengan format usermod -l newaccount oldaccount
misal account lama anda adalah paijo, account baru adalah painem, masukkan di terminal usermod -l painem paijo

***********
Username

*masuk account yang biasanya
*masuk ke System-Administration-User Account
*di samping foto, ada nama account anda. Klik change, lalu ganti saja namanya.

###################################################################
ada yang tidak saya pahami disini, karena setelah mengganti hostname ubuntu, coba anda restart. Saat booting ada tulisan “init: hostname main process (2**) terminated with status 1” dengan 2** adalah angka yang selalu ganti disetiap bootingnya. Saya kira itu seperti di permainan, 2** adalah nyawa ubuntu saya. Tinggal 200.