Cara Menghubungkan Akun Youtube ke Google Adsense

4

Cara Menautkan Youtube dengan Adsense

Cara Menautkan Video Youtube dengan Google Adsense- Pada postingan sebelumnya kita telah mempelajari bagaimana cara memonetisasi video di youtube. Memonetisasi video Youtube artinya melakukan upload video YouTube untuk mendapatkan penghasilan. Mengaktifkan (enabling) monetisasi tidak secara otomatis menghubungkan  akun YouTube dengan akun adsense . Peng-enable-an Monetization pada video manager hanya dimaksudkan untuk mengaktifkan proses monetisasi status akun anda sehingga status akun berada pada posisi "your account is enable".

Untuk pembahasan kali ini khusus saya akan memberikan gambaran mengenai cara menghubungkan akun YouTube dengan Google Adsense. Syarat utama untuk bisa ditautkan antara YouTube dengan Adsense adalah anda harus memiliki akun Google Adsense. Bagi yang belum punya silahkan mendaftar di Google Adsense.
Youtube akan membayar melalui akun Google Adsense anda, Google menamakan ini Program Kemitraan YouTube (YouTube Partner program). Jika anda saat ini sudah mempunyai akun Google Adsense maka saya akan memberikan panduan mengenai cara menggabungkan program monetisasi YouTube dengan program Google Adsense. Bagi yang belum punya akun Google Adsense harap bersabar, di postingan selanjutnya saya akan memaparkan cara daftar Google Adsense melalui akun YouTube.
Langkah-langkah menautkan program monetisasi Youtube dengan Google Adsense :
1. Login/Sign in ke akun YouTube anda
2. Klik tanda patah di samping foto profil anda dan klik "Video Manager"
3. Akan muncul tampilan menu di sebelah kiri yaitu Dashboard, Video Manager, Channel Setting dan lain-lain


4. Klik "Channel Setting" kemudian klik "Monetization", maka akan tampil "Monetization"
Yang perlu anda cermati:
Pastikan account status "enabled/aktif", jika belum silahkan aktifkan terlebih dahulu (baca dipostingan saya sebelumnya mengenai cara pasang iklan adsense di YouTube).

5. Setelah dipastikan akun anda aktif (enabled) klik " How will I be Paid?"
6. Kemudian klik " associate an AdSense account", anda akan dihubungkan/ditautkan/dikaitkan dengan akun Google AdSense, selanjutnya klik "Next"

7. Anda akan mulai dihubungkan dengan melewati 3 step 
8. Step 1, Pilih akun Google Anda
Singkatnya Jika anda telah mempunyai akun Google silahkan pilih Yes tetapi jika belum pilih No
 
Pada Langkah 1, YouTube memberikan kepada anda 2 Opsi untuk menghubungkan akun YouTube ke akun Google AdSense anda, yaitu:
Jika anda pilih opsi 1, maka itu adalah pilihan untuk anda yang telah memiliki akun Google AdSense (atau jika akun youtube anda berbeda alamat email dengan akun Google AdSense maka anda bisa menghubungkan email yang berbeda itu dengan akun AdSense anda dengan catatan anda sudah menambahkan user baru di akun AdSense tersebut, cara menambahkan user baru di akun adsense bisa anda baca pada postingan saya selanjutnya mengenai Cara Menambah User Baru Di Akun Adsense yang merupakan fitur baru dari Google AdSense.
Jika anda pilih opsi 2, maka itu adalah pilihan bagi anda yang belum mempunyai akun Google AdSense. pilihan itu adalah memberikan anda kesempatan untuk membuat akun Google AdSense baru. 
Kuhusus postingan ini, saya menganggap anda sudah memiliki akun Google AdSense, maka pilihannya anda harus mengklik opsi 1 "Ya Lanjutkan Masuk Akun Google". 
9. Anda diminta untuk login ke akun Google AdSense 
10. Step 2, Beritahu kami tentang konten anda
harap anda baca dengan cermat, jika semua tidak ada yang meragukan dan anda telah yakin silahkan klik tombol biru "Setujui Pengaitan", maka anda akan dialihkan lagi ke akun youtube anda seperti gambar dibawah ini :
11. Jika Langkah 2 telah dilakukan dengan benar, maka akan muncul halaman Monetization seperti pada laman awal dengan tambahan terdapat AdSense Association yang telah di approve.

12. Untuk memastikan kebenaran tertautnya/terhubungnya akun Google AdSense dengan program monetisasi YouTube silahkan klik "Review or change AdSense Association"

Jika akun YouTube anda sudah benar-benar terhubung ke akun Google AdSense, maka penghasilan anda dari YouTube akan dibayarkan ke akun Google AdSense anda. Anda dapat melihat penghasilan YouTube di akun YouTube anda dengan cara melihat di menu Analytic yang ada di YouTube.
Mudah-mudahan artikel adsense tentang Cara Menautkan Youtube dengan Adsense bisa bermanfaat bagi anda.