Restore Windows dengan Hiren

0
Windows rentan sekali terjadi error bila tidak dijaga dengan baik, entah itu error karena terserang virus dan sejenisnya, kesalahan pemakaian program, atau ada file-file system yang sengaja/tidak sengaja terhapus. Oleh karena itu disarankan Anda membuat backup Windows pada saat kondisinya masih fit, salah satunya menggunakan Norton Ghost.
Disini saya hanya memperjelas cara menggunakan file backup yang sudah dibuat menggunakan Norton Ghost, karena artikel sebelumnya sudah pernah dibahas cara membuat backupnya. Aplikasi yang digunakan pun sama yaitu menggunakan Hiren's Boot CD. Cara ini sebenarnya hampir sama dengan system restore pada Windows, Windows Anda akan dikembalikan sesuai tanggal pada saat Anda membuat backup. Jadi lakukan cara ini apabila system restore tidak dapat bekerja seperti harapan Anda. Berikut langkah-langkahnya :




Hidupkan komputer anda dan masukkan CD Hiren’s. Pastikan anda telah mengubah boot sequence kepada CD.
Pada pilihan boot, pilih “Mini Windows Xp”
 
Setelah tampil, buka aplikasi menu Hiren’s (HDBC Menu).
Pada menu pilih Program > Backup > Ghost32 *
 
 
Setelah tampil layar Ghost kemudian pilih Local > Partition > From Image.
 
 Cari dan pilih File image yang Anda disimpan.
 
 
Setelah di klik file image nya atau klik open, akan muncul tampilan seperti gambar berikut dan klik OK.
 
Pilih dan klik Part 1 (partisi yang paling atas, adalah Drive C) lalu klik OK (pada gambar terlihat part 2 tulisannya berwarna merah menandakan bahwa file image ghost berada pada partisi tersebut).
Klik Yes, untuk memulai proses restore partisi.
 Jika proses restore file image ghost sudah selesai, akan muncul tampilan berikut dan klik reset komputer.
 
Perlu diperhatikan setelah proses restore selesai, Komputer harus dihidupkan, setelah masuk ke tampilan desktop (tampilan awal windows)biarkan beberapa saat. Karena sistem akan melakukan semacam adaptasi hardware. biasanya meminta restart 1 kali. Sekarang Windows Anda sudah kembali normal.
 
semoga bermanfaat bagi kita semua... :D