Cinta Pertama pada JLabel, JTextField, JRadioButton, dan Jcheckbox

0
Dear Yang akan baru mencintai Java….. Semoga kamu yang baru mencintai jadi jatuh cinta beneran sampai mati…. (ups kayak sinetron aja…..)…. ya sih kalau ingin mencintai Java terutama untuk aplikasi Desktop….. so pasti dengan komponen ini harus akrab dahulu………(ya PDKT lah….) sepak terjang tiga komponen ini dan yang lainnya sudah jauh banget…. terutama berkaitan dengan aplikasi berbasis GUI (Graphic User Interface) gitu…..komponen2 ini sering ditemukan. Sekilas saya cerita dulu sebelum menuju ke kasus…… yuk mari……
JLabel dan JtexField sebagai user input dan keterangannya….. JLabel untuk ketarangan dan JTextField untuk user inputnya….. contoh kasus ketika mengisi form data nama…… Nama Pelamar sebagai judul ditampikan menggunakan JLabel….. nah Input dari Nama pelamar tersebut kita menggunakan JText Field…….
JRadioButton dan JCheckbox sering digunakan untuk input pilihan seperti : form data pribadi yang menampilkan input pilihan antara pria dan wanita….. atau kasus pilihan warna yang kita dikehendaki memilih satu atau beberapa dari pilihan warna tersebut…….
nah sudah agak mengerti dengan fungsinya ya……… Ok berikut ini saya akan sajikan  kasus tentang penggunaan JLabel, JTextfield, JRadioButton, dan Jcheckbox agar lebih memahami lagi guna mengampil nilai input dari masing-masing komponen tersebut…….
pada kali ini kita menggunakan Neatbeans sebagai IDE Javanya…. adapaun versi silahkan menyesuaikan…
1. Buka dan Jalankan  Aplikasi Ide Neatbeansnya